Pemasaran adalah kegiatan dari perusahaan atau produsen dalam proses pengenalan atau memperkenalkan barang-barang yang di produksi baik perusahaan dagang atau perusahaan jasa kepada konsumen. Pemasaran bisa dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung (online)
2. Mengapa pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan?
Salah satu alasan utama perusahaan melakukan riset pemasaran adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar atau ukuran permintaan pasar.
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
3. Jelaskan perbedaan dari kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran?
Kebutuhan adalah pernyataan dari perasaan kekurangan. Kebutuhan meliputi kebutuhan fisik dasar akan makanan, pakaian, kehangatan dan rasa aman, kebutuhan sosial akan rasa memiliki dan kasih sayang, serta kebutuhan individual akan pengetahuan dan ekpresi diri. biasanya kebutuhan bersifat penting atau harus dipenuhi saat itu juga. Kebutuhan – kebutuhan ini tidak diciptakan oleh pemasar, mereka merupakan bagian mendasar dari diri manusia.
Keinginan adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang. Keinginan digambarkan dalam bentuk objek yang akan memuaskan kebutuhan. keinginan biasanya bersifat tidak penting atau tidak harus di penuhi pada saat itu juga.
daftar pustaka:
MANAJEMEN PEMASARAN (Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1) Philip Kotler PT. Prenhallindo, Jakarta 1997
daftar pustaka:
MANAJEMEN PEMASARAN (Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1) Philip Kotler PT. Prenhallindo, Jakarta 1997
Tidak ada komentar:
Posting Komentar