Senin, 28 April 2014

Tugas 4 (perkoin)


PENGERTIAN PASAR

Pengertian Pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pengertian tersebut adalah pengertian pasr tradisional. Dari konsep pemasaran pengertian pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.


Jenis-Jenis Pasar berdasarkan Struktur nya:

Pasar Persaingan bebas sempurna

Ciri-ciri:
  • Jumlah pembeli dan penjual cukup banyak dan aktif di pasar
  • Semua pihak baik pembeli dan penjual menguasai informasi sepenuhnya
  • Barang yang dijual bersifat Homogen
  • Factor produksi mudah dibagi dan dipindahkan shingga timbul kemudahan perpindahan tenaga kerja, bahan baku, serta sarana dan prasarana produksi.

Pasar Monopoli

Hanya di kuasai oleh satu perusahaan. Ada tiga macam jenis pasar monopoli; Monopoli Alam (monopoli yang timbul karena factor alam, contoh: Bali, pariwisata, hutan, alami) Monopoli Undang-Undang (monopoli yang terbentuk karena adanya undang-undang yang menjamin berdirinya suatu perusahaan untuk monopoli suatu produk, contoh: PLN, dan Kereta Api), dan Monopoli Keuangan (monopoli yang di timbulkan karena kekuatan keuangan suatu perusahaan terhadap perusahaan lain nya sehingga perusahaan ini dapat membeli dan menjual barang yang di butuhkan masyarakat)

Pasar Oligopoly

Pasar yang hanya terdiri atas beberapa produsen, biasanya hanya dua produsen, paling banyak 10 produsen.
Ciri-ciri:
  • terdiri dari beberapa produsen saja
  • adanya kartel
  • keluar masuk pasar tidak sesulit monopolistic dan tidak semudah persaingan sempurna


Pasar Persaingan Monopolistik

Suatu pasar yang terdiri banyak produsen barang dengan berbagai corak.
Ciri-ciri:
  • Terdiri atas  beberapa perusahaan
  • Produk yang dijual bersifat Homogen atau Variasi dari jenis barang yang sama
  • Industri dalam perusahaan ini biasanya memiliki tingkat teknologi yang canggih di bandingkan peruahaan yang lain
  • Perusahaan yang tergabung lazim nya ada saling ketergantungan satu sama lain
  • Bersaing bukan dalam harga tetap lebih pada komoditas
  • Selalu ada sejumlah besar penjual dan pembeli di pasar
  • Produksi barang dan jasa yang di perjualbelikan, berfariasi, baik dalam merek, mutu, dan kampanye iklan yang di lakukan.
  • Perusahaan yang memasuki pasar monopolistic, mempunyai kemampuan kendali yang terbatas terhadap harga.
  • Memasuki pasar tidak terlalu sulit



  • Barang nya terdiferensiasi

Pasar Tenaga Kerja

Permintaan tenaga kerja berkaitan dengan jumlah tenaga kerja yang di butuhkan oleh perusahaan. Permintaan tenaga di pengaruhi oleh perubahan tingkat upah, perubahan permintaan pasar terhadap hasil produksi, harga barang modal.


SISTEM PASAR BEBAS

Pasar bebas adalah suatu konsep ekonomi yang mengacu pada kebebasan proses pemindahan barang atau jasa dari suatu negara ke negra lain, tanpa dikenakan berbagai pajak ekspor impor serta berbagai hambatan perdagangan lainnya.

Tetapi hambatannya Indonesia juga memiliki angka penggangguran yang cukup tinggi, sebenarnya Indonesia masih belum mempunyai strategi untuk menghadapi itu semua, di tambah lagi perusahaan-perusahan terutama perusahaan asing akan lebih tertarik dengan tenaga kerja asing, dikarnakan tenaga kerja asing lebih memahami bahasa inggris dibandingkan Indonesia.

Daya saing pekerja Indonesia juga akan melemah karena pengusaha tergiur mempekerjakan tenaga kerja asing karena tak harus menaati Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

MASALAH YANG DIHADAPI OLEH PEREKONOMIAN DI INDONESIA



  1. Pengangguran
 Pengangguran yang muncul di Indonesia secara umum akan lebih banyak memberi dampak yang kurang baik bagi kegiatan ekonoi negara. Pengangguran akan mengakibatkan perekonomian berada dibawah kapasitas penuh, suatu kapasitas yang diharapkan. Pengangguran juga mengakibatkan beban angkatan kerja yang benar-benar produktif menjadi semakin berat, di samping scara social pengangguran akan menimbulkan kecenderungan masalah-masalah kriminalitas dan masalah social lainnya.

    2. Sumber daya Manusia



  Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesa terbilang banyak, tetapi tingkat pengangguran di Indonesia juga terbilang banyak, oleh karena itu untuk mengurangi tingkat pengangguran maka dibuatlah kebijakan-kebijakan pemerintah yang dapat mengurangi tingkat pengangguran seperti memuka lapangan kerja baru. dalam hal ini di Butuhkan SDM yang berkualitas, untuk itu di adakan pengajaran-pengajaran dan pembinaan terhadap SDM yang ada di Indonesia.

    3. Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia sangat banyak, dengan beragamnya sumber daya alam Indonesia dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam bidang pendapatan seperti: tempat hiburan, dan tempat wisata. Namun yang menjadi permasalahannya masih banyak tangan-tangan orang-orang yang tidak menjaga kelestarian alam Indonesia, masih banyak terjadi penebangan Hutan sembarangan, pengeboman sungai, dan adanya sumber daya alam kita yang masih belum di kelola dengan baik.

   4. Modal 

Modal merupakan salah satu factor penting dalam produksi, Penanaman modal merupakan segala kegiatan menanamkan modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia. Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam melimpah dari pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, maupun pertambangan. Tidak serta merta sumber daya alam melimpah, dapat diambil dengan sendirinya ataupun diolah. Perlu dibangun infrstruktur sarana prasarana dalam mengolahnya oleh negara indonesia melalui pemerintah.


referensi : http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pemasaran/Bab_3.pdf
                BAB 8 Masalah pook Ekonomi...pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar